Skip to content

Tips Memulai Usaha dan Bisnis Rumahan

September 13, 2011

 

Punya bisnis rumahan merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi yang memilikinya, tapi untuk memulai bisnis rumahan sebaiknya anda berhati-hati, karena begitu anda membuat kesalahan kemungkinan anda akan bangkrut atau gagal. Untuk itu mari kita membahas kesalahan-kesalahan umum yang terjadi.

1. Ketrampilan Bisnis Yang Terbatas.

Anda bisa saja ahli dalam suatu bidang misalnya anda seorang penata rambut handal, arsitektur yang oke, atau apapun keahlian anda, tetapi anda tidak tahu mengelola keuangan, pembukuan, perpajakan, marketing, dll. Anda bisa saja membayar orang untuk itu, tapi anda harus paling tidak mengetahui hal-hal tersebut, anda bisa bergabung dengan pemilik bisnis rumahan lainnya (buat jaringan), ini berguna untuk memoles diri anda semakin mahir dalam mengelola bisnis rumahan anda.

2. Tidak Bertindak Profesional.

Banyak bisnis rumahan beroperasi di mana klien mungkin datang ke rumah anda, anda harus memastikan bahwa tempat kerja anda adalah tempat yang profesional untuk dikunjungi unutk menanam kepercayaan. Anda harus membuat kesan yang baik ketika anda mengundang orang ke kantor rumah anda.

3. Tidak Mengelola Waktu Dengan Baik (Time Management).

Anda bekerja untuk diri sendiri, bekerja sambil sarungan atau celana pendekan mungkin terdengar menyenangkan, tapi ingat, anda tidak lagi memiliki seorang atasan menanyakan hasil kerja anda tapi ini adalah tanggung jawab anda dan jika anda tidak hati-hati ini bisa menjadi sebuah situasi sulit untuk beradaptasi.

Coba buat jadwal kerja dan coba menaatinya. Ingat, meskipun anda berada di rumah anda, anda menjalankan bisnis dan anda perlu memastikan bahwa anda dapat menyelesaikan bisnis rumahan anda. Jaga ruang kerja anda terpisah dari rumah anda dan memperlakukannya sebagai kantor. Hindari melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah walapun anda ada di rumah, ingat ini adalah kantor anda. Katakan sama keluarga anda bahwa anda bekerja dan tidak bisa diganggu layaknya anda bekerja dengan orang lain. Pisahkan ruang kerja anda agar anda tidak terganggu.

4. Terlalu banyak Pengeluaran
Anda tentu tahu ketika anda hendak memulai bisnis rumahan, ada banyak alat-alat pendukung yang harus dibeli, seperti computer, mesin fotokopi, mesin fax, rak file, dll.
Dan kalau semua dipenuhi, tentunya bukan modal kecil bukan? Cobalah untuk memilah-milah, kalau memang ada yang bisa dimanfaatkan dari apa yang anda miliki, hindari pembelian yang serba baru, wah…, atau serba lux, ingat bahwa anda belum memiliki klien, dan belum ada penghasilan untuk beberapa saat, untuk itu hindari pengeluaran yang besar di depan kalau anda tidak ingin gagal.

5. Tidak Memiliki Izin Bisnis.

Ada banyak orang memandang sepele hal perizinan, dalam sebuah kota atau Negara pasti ada instansi yang mengeluarkan ijin bisnis sesuai klasifikasi termasuk bisnis rumahan anda, ini penting supaya anda tidak menemukan masalah ketika bisnis anda sudah berkembang. Asuransikan seluruh bisnis rumahan anda dan semua kegiatannya agar anda tidak mengalami kerugiaan besar ketika musibah dating tak terduga.
Memulai bisnis rumahan anda sendiri bisa menjadi kaya, baik secara spiritual dan finansial. Bekerja keras, mintalah bantuan ketika anda memerlukannya, dan jangan mengambil jalan pintas dan anda akan perlahan-lahan tapi pasti menjadi sukses.

Demikianlah 5 hal di atas yang perlu anda perhatikan dalam menjalankan bisnis rumahan anda, semoga sukses

Sumber:revolsirait.com

 

info terkait: Peluang Usaha

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: