Skip to content

Tips Bikin Kue Basah

July 21, 2011

 

SEBELUM memutuskan membuat kue basah, perhatikan tip ini untuk mendapatkan kue yang tidak mengecewakan.

 

– Telur: harus segar dengan suhu ruangan. Sebaiknya jangan memakai langsung telur yang baru dikeluarkan dari kulkas. Sebaliknya, keluarkan dulu, kemudian biarkan beberapa lama di suhu ruangan agar telur tidak dingin lagi dan kue bisa mengembang sempurna.

– Tepung terigu: perlu dijemur kering dan diayak. Mentega tawar: pilih yang tidak tajam aromanya. Mentega (butter) terbuat dari susu sapi sehingga kue atau bolu terasa lezat dan mewah. Jika dikehendaki dapat digantikan dengan margarin yang terbuat dari minyak nabati.

– Kocok bahan-bahan yang diperlukan hingga sesuai dengan yang tertera pada resep. Empat butir telur baru mengembang dan kental setelah dikocok selama sekitar 15 menit. Putih telur akan mengembang sempurna bila mangkuk yang dipakai benar-benar kering dan sama sekali tidak tercampur kuning telur.

– Bagaimana mengetahui putih telur yang dikocok sudah mengembang sempurna? Mudah saja. Caranya balikkan mangkuk berisi putih telur yang telah dikocok. Kalau dikocok dengan sempurna, pada saat mangkuk dibalikkan, putih telur tidak akan tumpah.

– Sebelum mencampurkan tepung ke dalam adonan, nyalakan api dan panaskan oven kurang lebih 15 menit sebelum adonan dimasukkan. Ketika kue matang, tepinya akan mengerut sedikit ke dalam. Untuk memastikan, tusukkan sebatang lidi di bagian tengah kue. Jika kering tandanya kue sudah matang.
(SINDO//tty)

Lihat juga artikel: Resep Kue Basah: Kue Cucur

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: