Skip to content

Tips Membuat Rangkaian Bunga

July 19, 2011

 

 

Rangkaian bunga sering digunakan untuk berbagai kesempatan, entah pesta maupun hari raya. Meski pilihan di pasaran cukup beragam, Anda juga bisa membuat sendiri rangkaian bunga.

Selain lebih hemat, variasi rangkaian pun dapat disesuaikan dengan selera dan keinginan kita. Agar hasilnya tak kalah dengan yang dijual di toko, simak beberapa kunci merangkai bunga berikut:

 

 

1. Proporsional
Seluruh bagian rangkaian adalah satu kesatuan utuh yang saling berhubungan. Karena itu, pastikan rangkaian tampak seimbang dari semua sisi, baik dari depan, belakang, atas, bawah, sisi vertikal, horisontal maupun diagonal. Untuk lebih memudahkan, tentukan titik tengah rangkaian dan beri tanda.

Misalnya dengan bunga yang mempunyai warna, jenis dan ukuran yang berbeda dari bunga di sekelilingnya. Selain seimbang dalam ukuran dan bentuk, juga harus seimbang dalam warna dan jenis bunga yang digunakan. Bunga berwarna gelap terkesan lebih berat dibanding yang berwarna terang, misalnya.

Untuk vas, sesuaikan ukuran dan bentuknya dengan gaya desain dan besar rangkaian bunga yang akan dibuat. Idealnya, besar rangkaian adalah setengah atau satu kali lebih dari besar wadah yang digunakan. Rangkaian bunga yang seimbang tak selamanya harus simetris. Boleh saja rangkaian bunga asimetris asalkan tetap memiliki keseimbangan sudut pandang pada satu titik tertentu.

2. Kontras
Rangkaian bunga akan tampak menarik jika bervariasi, namun tetap terlihat kontras secara keseluruhan. Variasi rangkaian dapat dibuat dengan menambah berbagai jenis bunga, kombinasi warna, ukuran, tekstur, bentuk dan jumlah batang bunga yang digunakan. Jangan ragu untuk menggunakan imajinasi dan kreativitas Anda dalam merangkai.

Penggunaan satu jenis bentuk atau warna bunga dalam satu rangkaian akan tetap terlihat indah jika dibuat kontras dan harmonis dengan keadaan sekelilingnya. Misalnya, rangkaian bunga berwarna merah akan tampak lebih hidup dan mempunyai nilai tambah jika diletakkan di sebuah ruang berlatar putih atau pastel.

3. Serasi
Agar tampak indah dan alami, pastikan semua unsur dalam rangkaian tampak serasi satu sama lain. Mulai dari vas, bunga, asesori tambahan, seperti ranting atau daun, hingga gaya dan tema rangkaian yang ingin ditampilkan.(Anin/tabloidnova)

Artikel Terkait: Memilih Kado untuk Bayi Perempuan

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: