Skip to content

Inilah Hobi yang Menghasilkan Uang

July 19, 2011

 

 

Iklan Hobi – Ternyata hobi, tidak hanya untuk kesenangan semata, tetapi bisa juga mendatangkan uang. Berikut ini adalah hobi yang kini banyak ditekuni oleh para wanita, plus penghasil uang tambahan untuk belanja keluarga.

1. Merenda (Crochet)

Dengan Hobi Merenda ini Anda bisa menghasilkan tempat tisu, cape, syal, hingga stola (selendang panjang), atau bahkan sebuah rok. Anda tak akan sulit untuk menemukan tempat belajar hobi yang satu ini.

2. Membuat aksesoris dari manik-manik atau Beads.
Membuat aksesoirs dari manik-manik. kelihatannya gampang, namun jangan salah, soalnya untuk membuat ikatan atau simpul pengikat aksesoris ini dibutuhkan keterampilan dan alat khusus. Hasil hoobi yang satu ini bisa berupa gelang, kalung, bros, atau cincin. Bahannya banyak tersedia di Pasar Pagi Asemka, Mangga Dua, serta pasar Rawa Bening Jatinegara.

3. Sulam Benang

Hobi ini hampir bisa dikatakan paling banyak ditekuni oleh ibu rumah tangga. Namun dibutuhkan keterampilan dan ketekunan khusus karena media benang yang digunakan. Namun jika Anda sudah terampil, maka hiasan sulam benang dengan motif bunga hingga tribal bisa menghiasai pakaian kerja Anda. Hasil kreasi sulam benang kerap menghiasi baju, sepatu, kerudung, hingga kain utuh untuk pakaian.

4. Sulam Pita

Hobi ini sama dengan sulam benang, hanya perbedaan media pita yang digunakan, lebih lebar dan tidak terlalu rumit. Namun untuk bisa menjaga agar karya pita tetap terbuka pada media kain juga bukan hal yang mudah. Hiasan sulam pita bisa digunakan pada baju, kerudung, dan sepatu serta tas. Sulam pita juga kerap menghiasi sarung bantal di sofa.

5. Melukis

Selain melukis di atas kanvas, kini banyak ditekuni hobi melukis di atas media kain. Banyak pula yang mencoba menekuni hobi lukis dengan media botol dan gelas. Hasilnya memang bisa relatif berseni, dan punya nilai jual. Untuk lukis di media kain, sejumlah lembaga kursus menjahit kini mulai memasukkan kurikulum tersebut untuk para siswanya.

6. Clay Miniature

Hobi yang satu ini kini banyak digandrungi tak hanya oleh kaum hawa, tapi juga kaum pria. Lewat tepung clay, Anda bisa membuat miniatur buah, replika makanan, hingga miniatur sebuah toko atau warung. Hasilnya memang luar biasa, sebuah miniatur warung dengan luas 40 x 20 cm bisa dihargai Rp 9 juta di pameran.

7. Doll/ Figure Collecting

Mengumpulkan boneka buat kaum hawa bukan suatu hal yang istimewa. Namun tahukah Anda, bahwa boneka-boneka atau Barang koleksi memang tidak pernah memiliki bandrol yang jelas, semakin langka sebuah boneka yang Anda miliki, semakin bebas Anda menetapkan harga.

8. Memasak

Hobi yang satu ini yang paling mudah ditransformasikan menjadi dana tambahan belanja. Namun untuk tidak terkesan sekadar menjual makanan ala warung, Anda bisa belajar memasak di kursus yang biasa digelar oleh organiasi Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) untuk bisa profesional.

Anda bisa memasarkannya lewat dunia maya. Mudah saja, buatlah blog khusus yang memamerkan karya-karya terbaik, dan paparkan alamat Anda.

Atau ikutlah bergabung dalam sebuah milis handy craft. Selain bakal menambah relasi dan pengetahuan, potensi pemasaran untuk hasil hobi Anda akan makin luas. Namun biasanya sebuah kurus akan membentuk komunitas baru. Maka sebaiknya Anda tak memutuskan hubungan dengan tempat belajar kendati telah terampil. Karena dari sanalah jaringan pemasaran Anda dimulai. Selamat mencoba.

Majalah Female 2008.

 

 

Artikel terkait lainnya: Sebar Iklan Gratis Tanpa Daftar

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: