Skip to content

Peluang Usaha Jeli Cup Rumahan

April 28, 2011

 

Peluang Usaha – Mendengar kata jeli, tentu saja lebih pas untuk mewakili makanan lembut dan mudah lumer yang terbuat dari bahan dasar rumput laut dan tepung yang dominan manis. Jeli, menjadi salah satu jajanan yang disukai anak-anak dan orang dewasa. Mengapa ini tidak dijadikan usaha saja?

Bisnis jeli mengalami perkembangan yang luar biasa ketika muncul bahan jeli powder yang memiliki keunggulan (lebih kenyal dan bening) dibanding bahan puding sebelumnya dari agar-agar dan gelatin.

Usaha jeli mengalami kemajuan karena fungsi kesehatan yang kaya serat. Rasanya yang kenyal dan mudah untuk dinikmati menjadikan jeli sangat digemari terutama anak-anak. Membuat bentuk jeli sangat mudah dan variatif mengikuti cetakan atau wadah yang digunakan. Tentu saja konsumsi jeli menjadi lebih besar, tak hanya penutup makanan, jeli bahkan menjadi camilan dan jajanan atau bahkan antaran oleh-oleh.

Usaha Jeli dari Rumah

Usaha jeli meski banyak dimonopoli oleh usaha besar, tetapi bisa juga dilakukan dari rumahan. Yang paling penting adalah mesin sealer cup sebagai penutup jeli dan cara produksi serta pengawetannya agar jeli tahan lama di suhu ruang.

Mesin sealear cup minuman bisa digunakan untuk mengemas jenis jeli dalam cup ukuran kecil. Sementara untuk ukuran mini menggunakan mesin khusus. Pengawet yang paling sering digunakan adalah sodium sitrat, gula, dan bahkan ditambahkan citric acid sehingga jeli lebih awet. Proses pembuatan harus bersih dan sanitasi terjaga sehingga jeli tidak mudah basi. Mesin sealer cup jeli bisa dibeli di beberapa toko mesin yang terkenal.

Selain menjual jeli dalam bentuk awetan dengan menggunakan cup atau kemasan sekali pakai, jeli dapat dijual dalam kondisi segar. Aneka bentuk jeli dengan menggunakan cetakan bisa digunakan. Jeli tanpa bahan pengawet bisa bertahan cukup lama di suhu lemari pendingin. Jeli tidak bisa disimpan di suhu freezer. Gunakan cup plastik/mangkuk plastik yang tersedia dengan penutup sekaligus.

Cara Pembuatan Jeli Pandan

Campurkan bubuk jeli dengan sebagian gula. Tuangkan sebagian air dan aduk sampai tercampur rata. Sisihkan. Masak dengan sebagian gula dengan sisa air dalam suhu 95-100 derajat Celcius, dengan temperatur yang sama selama 5-10 menit sambil terus diaduk.

Jika menggunakan kompor biasa sebaiknya diatur apinya, sehingga tidak terlalu panas. Gunakan termometer untuk memastikan. Angkat. Segera tambahkan pewarna dan essense stroberi.

Agar hasilnya yang jernih, jeli disaring menggunakan kain untuk menghilangkan kotoran gula. Ukur suhu jeli mencapai 65-70 derajat Celcius, lalu tambahkan citric acid dan sodium sitrat. PH tidak boleh lebih dari 3,7 – 38. Untuk menambahkan pengawet tidak boleh di suhu tinggi.

Pada saat mengaduk jelly powder dengan bahan-bahan lain sebelum ditambahkan air, sebaiknya gunakan alat yang kering. Pengadukan harus rata agar hasil jeli tidak menggumpal. Baru setelah itu ditambah air sesuai dengan kebutuhan.

Jika ingin memberi perbedaan pada jeli buatan sendiri, tambahkan buah. Tentu saja hitung kembali masa jual dan kekuatan buah untuk bertahan dan tidak basi. Saat mencampur potongan buah dengan jeli, ada baiknya tiriskan dulu buah. Campurkan air dengan bubuk jeli hingga larut, baru masukkan buahnya lagi. Didihkan.

Masukkan dalam wadah cup (mini cup atau gelas cup) sesuai dengan ukuran. Gunakan mesin sealer cup untuk menutup. Jeli cup rasa pandan siap untuk dijual.

Lihat juga info Peluang Usaha

Sumber: surya.co.id/yuyun anwar

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: