Skip to content

Insting Dalam Berbisnis Aksesoris Motor

April 14, 2011

Ada yang perlu diperhatikan jika saat ingin memulai bisnis toko aksesoris motor. Insting. Apa hubungannya insting dengan jualan aksesoris? Perubahan tren modifikasi motor begitu cepat. Jika setengah tahun lalu populasi motor matic dilanda demam modifikasi ala low rider (ban belakang yang diperbesar dan lebih mundur dari posisi semula), tapi kini tren tersebut telah berlalu. Motor matic kini justru sedang mengalami tren yang sebaliknya. Menggunakan ban yang lebih tipis dari ukuran standar. Insting diperlukan untuk mengetahui selera modifikasi seperti apa yang sedang dianut oleh para biker. Dari insting seperti itulah, Anda menjadi tahu apa yang harus Anda jual.

 

jika ingin terjun ke bisnis aksesoris roda dua harus punya kesigapan terhadap perubahan tren modifikasi. Usaha ini bukanlah tergolong usaha yang datar, karena perubahan tren aksesoris terjadi begitu cepat. “Setiap saat tren aksesoris ini cepat berubah. Kalau ketinggalan tren, barang lama jadi nggak ada gunanya,” Perubahan tren tersebut rupanya juga berpengaruh pada harga.

Harga jual aksesoris motor sangat fluktuatif. Misalnya sebuah velg motor yang harganya Rp300-an ribu, sebulan kemudian harganya bisa turun 30%-40%. Jika perkembangan tren aksesoris begitu pesat yang berimbas pada harga jualnya yang fluktuatif, lain halnya dengan bisnis spare part. Jualan spare part cenderung aman dari kondisi tersebut. Tantangan dalam bisnis spare part cenderung minim sebab spare part tidak mengalami pergantian tren seperti halnya aksesoris. “Kalau spare part itu flat. Harganya lebih stabil dan malah cenderung agak naik, bisnis spare part sangat bagus untuk diinvestasikan sebab nilai asetnya tidak berubah.
Meski demikian, jika dibandingkan dengan bisnis aksesoris, keuntungan dari penjualan spare part memang tergolong lebih kecil. Sebab harga jual spare part sudah ditentukan sekitar 5-10% dari modal. Selain itu, tantangan untuk merintis bisnis spare part jauh lebih sulit dan modalnya tidak sedikit sebab terdiri dari banyak item.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: