Skip to content

Astra Mulai Pasarkan Honda CBR 250

March 2, 2011

PT Astra Honda Motor (AHM) mulai memasarkan sepeda motor kelas atas atau premium bersilinder tunggal DOHC 250cc yaitu CBR250R, dengan target penjualan sebanyak 10 ribu unit sepanjang tahun ini.

“Honda CBR250R merupakan produk global kedua kami yang juga dipasarkan di beberapa negara lain di Asia, Eropa, Amerika, dan Australia,” kata Presdir AHM, Yusuke Hori, pada peluncuran CBR250R di Jakarta, Jumat, yang dihadiri oleh pembalap dunia Honda pada MotoGP yaitu Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso, dan Casey Stoner.

Ia mengatakan, produk sepeda motor bersilinder besar yang “sporty” tersebut merupakan salah satu upaya Honda untuk meningkatkan citra merek di segmen sepeda motor “sporty” yang pasarnya masih kecil di Indonesia.

“Pasar sepeda motor ‘sporty’ hanya sekitar delapan persen dari total pasar sepeda motor di Indonesia, pasarnya akan terus tumbuh sekitar 10 persen. Karena itu, kami akan memperkuat kembali model- model (sepeda motor) sporty,” ujar Hori.

Pada tahun lalu, total penjualan sepeda motor “sporty” mencapai 670 ribu unit. Ia memperkirakan tahun ini bisa menembus angka 800 ribu unit. Hori optimis, pasar sepeda motor
“sporty” akan naik seiring dengan munculnya CBR250R.
“Pada segmen sepeda motor sporty yang besar seperti CBR250R ini, pasarnya hanya sekitar 1.000 unit per tahun. Dengan masuknya model ini (CBR250R) kami yakin pasarnya akan naik 1,5 kali lipat,” ujarnya.

Direktur Pemasaran AHM, Kojiro Iguchi, menambahkan, pihaknya akan mulai memasarkan motor balap tersebut hari ini. “Malam ini, kami sudah siap menerima pesanan,” ujarnya.

Pada bulan ini, pihaknya sudah siap memasok 800 unit CBR250R. Pada bulan berikutnya, pasokan sepeda motor yang diimpor langsung dari Thailand itu akan ditambah menjadi 1.000 unit, dan kemudian pada bulan berikutnya lagi akan ditambah menjadi 3.000 unit.

Ditambahkan pula Direktur Pemasaran AHM (yang berasal dari Indonesia) Auddie A Wiranata, pemasaran CBR250R dilakukan di seluruh Indonesia, terutama kota-kota besar.

“Karena ini (CBR250R) merupakan produk kelas atas dan menjadi ‘flagship’ kami, maka kami telah mempersiapkan diri dengan melatih mekanik sejak sebulan lalu untuk layanan purna jual di kota-kota besar,” ujarnya.

AHM, lanjut dia, menyiapkan 252 bengkel AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) di kota-kota besar, di samping 29 dealer utama dan 190 outlet untuk memperkuat jaringan penjualan produk premium tersebut.

Honda CBR250R merupakan motor pertama di dunia yang menerapkan teknologi combine-ABS yaitu sistem pengereman yang memadukan antara “combi brake system” dengan “antilock braking system.” Fitur itu membuat kinerja pengereman lebih efektif saat pengereman mendadak maupun pada kondisi jalan yang licin.

Produk tersebut juga dilengkapi sistem Pro-Link untuk suspensi belakang, sehingga goncangan pada tempat duduk lebih lembut. Sepeda motor tersebut dipasarkan dengan harga Rp39,9 juta per unit untuk tipe standar dan Rp46,5 juta per unit tipe ABS.

Menurut Noritake Takami dari Pusat R&D Honda R&D Ltd, sepeda motor bermesin besar dengan berat 161 kilogram tersebut, sangat ramah lingkungan karena telah mengusung emisi gas buang Euro III, dengan konsumsi bahan bakar 27 kilometer per liter.
“Sepeda motor tersebut lebih ringan tujuh kilogram dibandingkan pesaingnya dan lebih irit 30 persen konsumsi bahan bakarnya,” kata Takami.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: