Skip to content

Test Ride Yamaha New Jupiter MX (Manual Clutch)

January 27, 2011

 

Semakin Agresif!

Jakarta – Sebelumnya tim redaksi sudah menjajal performa New Jupiter MX (Manual Clutch) di sirkuit Sentul, Bogor dalam sesi first ride. Kini saatnya mengeksplorasi lebih jauh kemampuannya di jalanan raya, tentunya dengan riding style sehari-hari.

Desain

Secara desain, baju baru Yamaha New Jupiter MX memang terlihat lebih agresif. Memang sekilas masih kental nuansa Jupiter MX lama, tapi sebenarnya hampir semua bagian berubah.

Coba tengok lampu sein, cover body depan, spatbor hingga sayap semuanya baru. Dilihat dari depan, lampu senja dan sein mirip mata elang, menyala tajam. Lampu belakang juga didesain meruncing dan sudah dismoke.

Yang paling keren adalah, sudah ada spatbor kolong menemani pelek belakang berukuran lebar 2.5 inci. Mantap!

Fitur dan Teknologi

Apa saja yang baru? itu pertanyaan rekan-rekan Otonetters (member Forum OTOMOTIFNET.com) saat menjajal Yamaha New Jupiter MX Manual Clutch di kantor redaksi. Yuk kita runut satu persatu.

Paling mencolok, untuk versi Manual Clutch yang kali ini dijajal, sudah mengadopsi transmisi 5 kecepatan. Transmisi ini serupa dengan yang dipakai Yamaha Vixion. Perpindahan gigi pun jadi seperti motor sport, satu ke bawah, dua seterusnya ke atas.

Perubahan transmisi ini mengakibatkan sasis harus dirombak. Ada beberapa penambahan penguat pada sasis, khususnya di area engine mounting. Penguat ini diperlukan untuk menghilangkan getaran berlebih.

Selain itu, perubahan bukan hanya pada transmisi, tapi ganti crank case dibarengi dengan aplikasi kruk as baru. Tentunya secara hitung-hitungan teknis berpengaruh pada karakter mesin dan performanya.

Apalagi karburator juga baru, yang sekarang pakai tipe vakum Mikuni BS25 dengan tetap dilengkapi TPS (throttle position sensor). TPS berfungsi memberikan perintah ke sistem pengapian sesuai dengan bukaat throttle atau selongsong gas, akhirnya pembakaran makin sempurna.

Karburator ini juga sudah dilengkapi dengan dua kabel penarik. Kabel ini menjaga agar skep karburator telat membuka atau menutup sekaligus agar tidak mudah macet.

 

Sayangnya, fitur yang berhubungan dengan akomodasi pada motor ini sangat minim. Misalnya boks bagasi di bawah jok sangat sempit. Selain itu juga tidak ada gantungan untuk barang bawaaan. Pastinya karena konsep, meski bebek tapi kental nuansa sporty!

Performa

Nah, urusan yang satu ini sangat dipengaruhi oleh transmisi baru Yamaha New Jupiter MX Manual Clutch. Lima giginya yang berkarakter “pendek-pendek” membuatnya terasa lebih agresif tapi tetap halus. Karena tiap pindah gigi tenaga tetap terasa ngisi terus.

Gigi satu bisa 40 km/jam, 2 mencapai 60 km/jam, 3 sampai 80 km/jam, 4 mampu 100 km/jam, lalu 5 tembus 120 km/jam. Sayangnya gigi 5-nya terlalu panjang. Bahkan untuk mencapai top speed 120 km/jam butuh lintasan lurus yang sangat panjang. Makanya gigi 5-nya hampir tak pernah di pakai, lebih asik pakai gigi 4.

 

Mekanisme kopling manualnya pun lembut. Lebih ringan dari sepeda motor sport kebanyakan. Colek sedikit untuk pindah gigi. Dijamin buat bikers pemula pun enggak akan ada masalah beradaptasi dengan koplingnya.

Kurangnya cuma satu, untuk ukuran bebek sporty yang karakter mesin dan transmisinya sudah mirip motor sport, Yamaha New Jupiter MX belum dilengkapi dengan takometer. Jadinya pindah gigi hanya mengandalkan feeling.

Handling

Urusan handling tak masalah. Masih mirip dengan Jupiter MX versi terdahulu. Diajak menikung dan meliuk tetap asik. Suspensi monoshock-nya pun mantap menjaga roda belakang tetap tenang saat menikung dan lembut kala melintasi jalan bergelombang.

Tapi saat menikung terlalu rebah, ban belakang terasa sedikit bergeser. Mungkin karena penggunaan pelek belakang 2,5 inci dan ban berprofil tipis 100/70-17. Ban yang terlalu tipis membuat grip ban saat rebah jadi berkurang.

Mengatasinya? Ganti saja ban dengan ukuran lebih besar dan profil lebih tipis pasti nikung lebih asik. Misalnya pakai ban ukuran 110/80-17 atau 110/90-17.

Rem depan Yamaha New Jupiter MX bekerja dengan baik, begitu juga dengan disk brake baru di roda belakangnya. Kuat tapi tidak terlalu mengigit sehingga porsinya pas untuk membantu pengereman di roda depan.

Konsumsi Bahan Bakar

Dicoba dalam perjalanan sehari-hari yang bervariasi, mulai dari melintasi jalanan macet, lengang hingga dicoba berakselerasi cepat, Yamaha New Jupiter MX ini mampu menempuh jarak 45,9 kilometer dengan satu liter Pertamax. Lumayan hemat!

Harga

New Jupiter MX Manual Clutch dengan segala perubahannya dijual Rp Rp 16,4 juta (on the road Jakarta), harga ini hanya terpaut Rp 700 ribu bila dibandingkan dengan New Jupiter MX non Manual Clutch yang dilepas Rp 15,7.

Padahal versi non Manual Clutch-nya hanya ganti baju alias tidak ada perubahan berarti pada mesinnya. Cuma ganti karburator dan desain bodi. Lumayan kan!

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: