Skip to content

Pemasaran Desain Kerajinan Tangan

April 6, 2010

Indonesia kaya dengan produk kerajinan pahat kayu yang bisa diperoleh di beberapa desa tradisional. Berbagai produk kerajinan tangan bervariasi mulai dari tikar dan tas anyaman yang terbuat dari daun pandan hingga perhiasan emas dengan pola-pola dan desain etnik.

Sebagian besar desa-desa tradisional di Indonesia merupakan pusat-pusat perajin kerajinan tangan. Begitu banyak hasil kerajinan produksi dalam negeri, begitu juga dengan jenis kerajinan tangan. Indonesia selalu memunculkan para perajin yang mahir dalam membuat kerajinan. Masalahnya mungkin dalam pemasaran.

Tidak diragukan, keunikan desain produk, bentuk kerajinan, model kerajinan suatu hasil kerajinan tangan menjadi nilai jual tersendiri. Namun berbagai kerajinan tersebut perlu menyesuaikan dengan tren-tren masa kini dan gaya modern untuk meningkatkan pesanan. Untuk memenuhi tantangan tersebut, harus dimulai dari proses produksi/proses pembuatan produk. Barulah kemudian diperoleh kualitas produk yang bisa bersaing dengan jenis kerajinan lain.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: