Skip to content

Kue Basah – Tips Membuat Kue Sus

March 30, 2010
kue sus adalah makanan sejenis kue basah makanan yang terdiri dari Choux Pastry atau cream puff yang sering kita sebut kue sus, adalah salah satu dari jenis kue yang memerlukan perhatian khusus dalam tekhnik pembuatanya. Agar anda tidak gagal dalam membuat kue sus cobalah beberapa tips berikut :

Pemilihan Bahan
Bahan dasar dari kue sus adalah tepung terigu, telur, lemak dan air. Untuk kue sus sebaiknya pilih tepung terigu yang kandungan glutennya sedang atau medium wheat, karena kue ini tidak memerlukan proses fermentasi dalam teknik pembuatanya. Telur adalah pembentuk kerangka yang mengembangkan kue selama proses pembakaran, selain itu telur juga memperbaiki warna kerak kue lebih kuning, aroma yang gurih dan kue lebih bergizi karena kandungan protein yang tinggi. Untuk kue sus sebaiknya pilih telur yang baru dengan bentuk seragam dan tidak cacat. Lemak ada dua macam yaitu lemak nabati yang lazim kita sebut dengan margarin dan lemak hewani atau mentega. Kedua jenis lemak ini memiliki aroma yang berlainan. Jika anda menginginkan aroma kue yang ringan pilihlah margarin dan untuk aroma yang lebih berat dengan rasa dan aroma susu yang nyata anda bias menggunakan mentega.

Metode Pembuatan
Kue sus dibuat dengan teknik adonan rebus, yang mana semua bahan direbus bersama-sama kecuali telur. Setelah adonan matang dan kalis angkat dari perapian, proses selanjutnya adalah memasukan telur satu persatu setelah adonan dingin. Tahap memasukan telor merupakan tahap terpenting yang harus diperhatikan, telur dimasukan setelah adonan suam-suam kuku atau hangat. Jika telur dimasukan dalam keadaan adonan panas maka kue sus tidak akan mengembang karena telur telah matang sebelum di oven.
Proses pengovenan juga memegang peranan penting, yang harus diperhatikan saat kue masuk sebaiknya oven dalam suhu tinggi sekitar 190/200oC, ini bertujuan agar kerangka kue mengembang sempurna. Setelah kue mengembang, turunkan suhu oven menjadi 150/160oC derajat celcius, tentunya agar warna kue kuning kecoklatan, seragam dan terbentuk kulit/remah kue yang baik. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan anda membuka oven 15 menit pertama, karena saat ini kue sedang membentuk kerangka dan akan turun kembali jika anda membuka pintu oven.

Pemilihan loyang juga perlu diperhatikan. Untuk kue sus, gunakan loyang kue yang tidak terlalu tebal karena loyang tebal akan lambat dalam menghantarkan panas, kondisi ini akan menghasilkan kulit kue yang terbentuk akan lebih tebal. Hindari juga penggunaan olesan mentega yang terlalu tebal dan jangan sekali-sekali menggunakan tepung taburan, hal ini akan berakibat yang sama. Kue sus sangat mudah lepas, berbeda dengan cake, jadi olesan lemak tipis tanpa taburan tepung sudah cukup.

Variasi Kue Sus
Kue sus sangat fleksibel untuk di padupadankan dengan berbagai macam isi, jika anda sudah bosan dengan isi vla, cobalah dengan variasi isi yang lain seperti, diisi pudding, ice cream , ragout udang, selada buah atau dibuat sus kering dengan cara di oven dengan api kecil maupun digoreng. Dengan memperhatikan pemilihan bahan dan teknik pembuatan yang baik saya yakin anda akan berhasil membuat kue sus semoga tips
kue basah diatas bermanfaat untuk anda.

sumber: http://budiboga.blogspot.com/


No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: