Skip to content

Suku Cadang Kendaraan – Perlindungan Konsumen

March 29, 2010
Membeli suku cadang kendaraan baik mobil maupun sepeda motor non genuine (bukan langsung dari ATPM), tak perlu khawatir lagi. Sertifikasi Q-Seal menjamin suku cadang non genuine memenuhi standar kualitas.

Saat ini suku caang kendaraan yang ada di pasar terbagi menjadi dua, yaitu genuine (dari ATPM) dan non-genuine yang dijual dibengkel-bengkel kendaraan umum. Konsumen yang memiliki kendaraan baru, umumnya masih memilih suku cadang genuine untuk memastikan kualitas. Namun bagi kendaraan yang usianya di atas masa garansi lebih memilih suku cadang non-genuine yang harganya bisa sepertiganya. Q-Seal sendiri diperuntukkan untuk suku cadang kendaraan yang sering diganti (fast moving).

Masyarakat yang memiliki mobil dan sepeda motor berusia di atas masa garansi umumnya mencari suku cadang murah. Namun selama ini belum ada sertifikasi yang memadai sehingga konsumen bisa dirugikan secara kualitas. Padahal ada komponen non genuine yang secara kualitas sebaik bahkan lebih baik dari genuine

Menurutnya, harga komponen Genuine saat ini bisa tiga kali lipat dibanding non-genuine yang ada di pasaran. Sehingga menjadi daya tarik bagi pemilik kendaraan bermotor untuk menggunakannya. Yang menjadi masalah, konsumen tidak memiliki pengetahuan apakah komponen tersebut memiliki kualitas yang baik. Untuk itu, sertifikasi semacam Q-Seal menjadi penting.

“Dari 800 usaha di bidang industri komponen saat ini, umumnya produk mereka tidak memiliki sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI). Hanya produsen Original Equipment Manufacture (OEM) saja yang selama ini menyuplai komponen (genuine) untuk ATPM yang mendapat SNI,” katanya.

Q-Seal melibatkan beberapa lembaga, yaitu SOI yang berperan mengembangkan produk standar termasuk sistem pengkajian sertifikasi. Sementara Ikatan Ahli Teknik Otomotif (IATO) Indonesia, melakukan pengembangan metode pengujian komponen. Kemudian Asosiasi Bengkel Kendaraan Indonesia (Asbekindo) bertanggung jawab melakukan pengembangan jalur distribusi dan pemasaran suku cadang yang telah disertifikasi. Ini penting untuk memotong jalur distribusi sehingga harga suku cadang dapat ditekan.

sumber: http://autos.okezone.com
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: