Skip to content

Tips Modif Motor

March 26, 2010

Sering kali seorang biker menyesal melakukan modifikasi hanya karena alasan sepele. “Sudah keluar banyak uang kok masih ga nyaman, terlalu”. Ga nyaman ya, karena model yang dinginkan masih kurang gahar, kurang dinamis, atau kurang kompak. Terlihat di sana-sini masih kotor. Perasaan seperti itu juga bisa muncul karena motor masih baik untuk mengemudi, alias geyal-geyol ga karuan, kurang airodinamis sesuai postur, atau berat ga kuat ngacir. Atau, yang paling penting, modif motor yang dijalankan belum memenuhi unsur keamanan. Semakin lama perbaikan di sana-sini membuat kantong bahkan lebih kasar. Overbudjet dan paling parah, bosan sebelum proyek modif itu sendiri sempurna.

Ironis memang, modif yang diharapkan membawa kepuasan dan kebanggaan kini membawa rasa frustrasi dan malu. Belum lagi pengorbanan biaya, usaha, dan waktu tidak sedikit. Jadi apa tips kami untuk menghindari masalah seperti di atas?

Edwin Tutkey, seorang pengendara motor yang tampak harimau cukup moderat, pernah menyamakan modif itu seperti rumah yang dibangun proyek. “Itu dapur sering makan banyak biaya”. Yaitu, modif rincian yang perlu kita lebih berhati-hati karena jika tata letak dan modelnya ga pas, akan memberikan kesan kurang nyaman dan akhirnya membutuhkan biaya tambahan terus-menerus.

Seseorang dapat membuat garis besar modif yang diinginkan seperti seorang arsitek merancang blue print sebuah rumah. Tetapi di luar perhitungan di atas kertas, realisasinya kadang-kadang harus meminta tambahan anggaran dan waktu yang tidak sedikit. Untuk hobi modif dan modifikator handal, menganggurkan motor minggu sampai berbulan-bulan adalah umum. Dana yang dikeluarkan sederhana satu jika perlu. Tetapi bagi mereka yang membuat perjalanan sebagai aset kerja dan aset sosial, akan sangat sulit untuk kehilangan tumpangan jika hanya untuk beberapa hari atau 2-3 minggu.

Lalu jika demikian, apa solusinya? Cobalah untuk mempertimbangkan tips berikut ini:

1. Siapkan motor yang Anda inginkan untuk dimodif. Harus berpikir dengan hati-hati sehingga motor sudah saatnya untuk dirombak. Seperti pakaian Anda, perbaikan motor akan menghabiskan cukup banyak biaya. Motor yang benar-benar harus sudah sulit diremajakan & tubuh adalah salah satu yang paling revolusioner adalah dengan mengubah kaki dan tubuh keseluruhan penampilan. Namun, jika mesin itu buruk, Anda sebaiknya tidak. Akan lebih canggung dan memalukan. “Cook’s cute euuuuiiiiiyyy motor mogok”, goda sekelompok cew keren bang kapan di Yogi lagi ndorong motor modifnya.

2. Tentukan ke arah mana konsep modif yang anda inginkan. Mengklarifikasi di muka untuk fungsi Anda. Konsep modif ini harus dilakukan untuk tujuan tertentu. Jika untuk penggunaan sehari-hari, Anda cukup memilih konsep modif minimalis. Salah satu yang paling jelas dari kekuatan ini adalah untuk meningkatkan hal-hal yang Anda merasa tidak sempurna. Dalam kasus motor tiger, Anda dapat memilih antara mengubah kaki atau tubuh berubah. Banyak menganggap bahwa harimau adalah motor sempurna, namun minus beberapa detail. Dan apa yang mereka maksud adalah kaki. Jika Anda tidak puas dengan hal ini, silahkan menerapkan mengingat kepuasan tertinggi limbah terletak di kaki menggunakan modif limbah moge (baca artikel Modifikasi Motor untuk Pemula). Harga relatif terjangkau dibandingkan dengan membeli kaki baru dari jenis yang sama moge.

Tapi jika Anda lebih ketagihan tubuh mengubah gaya, mungkin mencari pelat serat atau badan yang biasanya tersedia di toko-toko aksesori dan garasi modifikasi. Jika ditebus di toko umum, hasilnya akan massa sering membuat banyak alias. Tentu saja jika Anda ingin lebih puas dan unik, silahkan pergi ke bengkel untuk dilakukan sesuai konsep modif keren.

Biasanya, modif kaki-kaki akan melahirkan tampilan streetfighter, karena model asli adalah sepeda telanjang harimau. Dengan memperbesar kaki limbah moge mengensankan motor akan siap untuk jenis semua melibas rute di kota. Tapi jika Anda tubuh modif disertai perubahan apalagi model hadiah, hasilnya sering kita sebut gaya “olahraga sepeda”.

3. Diskusikan dengan modifikator atau teman-teman Anda mengenai konsep. Mengatur budjet. Terutama setelah Anda memiliki rewel tentang beberapa rincian. Tanyakan konsep modifikator ia siap sesuai dengan keinginan Anda, dijawab minta contoh (foto) telah menjadi motor. Tanyakan ke rincian, dan berapa banyak biaya total biaya terendah jika Anda tidak perlu mengubah beberapa detil dari konsep / contoh yang ditawarkan.

4. Setelah mendapatkan draft pertama, bawa ke rumah untuk dipertimbangkan. Jangan memutuskan di bengkel saat itu juga karena tekanan psikologis dan Anda bisa jadi anda girang (terlalu senang). Pertimbangan manfaat untuk gaya yang Anda inginkan dan jangan ragu untuk mencari nasihat dari keluarga dan rekan-rekan lain yang mungkin bisa membantu.

5. Meninjau semua benar lagi. Hitung biaya total dan menghitung biaya baru lebih jika beberapa detail yang dihilangkan.

6. Jika Anda telah memutuskan antara modif total sesuai konsep awal dari modifikator atau hanya sebagian, sekarang saatnya anda menghubungi modifikator lain untuk opini harga lain (second opinion) untuk memperoleh pilihan lain (pilihan kedua). Jika Anda membandingkan puas, sekarang Anda dapat kembali ke toko atau toko yang Anda inginkan.

7. Buatlah kontrak yang jelas dengan modifikator menyangkut biaya dan waktu pembayaran, kualitas dan waktu pengerjaan. Biasakan untuk selalu melihat secara teratur untuk memastikan pekerjaan berjalan sesuai rencana. Berhati-hatilah untuk menghindari menawarkan konsep / rincian baru yang dapat mengakibatkan anggaran melebihi budjet.

8. Jangan lupa untuk memeriksa secara rinci detail dan hasil keseluruhan setelah kelar modif motor. Jika Anda perlu untuk membuat berita acara mengenai kondisinya sebelum diterima. Pastikan semuanya beres sebelum serah terima dan pembayaran secara penuh.

9. Coba semua berjalan lancar dan persuasif. Setiap komunikasi kita dengan modifikator akan berdampak pada pelayanan aftermodif masa depan. Setiap kendaraan harus memiliki tingkat modif “resiko” dan “krisis” dalam kontras dengan motor standar. Oleh karena itu, tidak semua dapat menangani montir umum. Kesepakatan terbaik dalam hal masalah adalah modifikatornya sendiri. Oleh karena itu, komunikasi Anda yang baik (dan juga pembayaran yang baik) akan memberikan kepuasan kepada masing-masing pihak, dan demikian juga pada kerjasama aftermodif lain.

sumber: http://denny333.wordpress.com/2009/02/04/modifikasi-tiger

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: