Skip to content

Tips Membeli Audio Mobil di Toko Audio Mobil

March 26, 2010

Merakit perangkat audio video di sebuah mobil saat ini boleh dibilang gampang-gampang susah. Maksudnya gampang milih barangnya, tapi susah mengerjakannya. Gampang milih barang saat ini bukan sekedar isapan jempol, oleh karena saat ini berbagai macam merek dan berbagai macam kwalitas barang yang akan anda beli tersedia dipasaran. Pokoknya ada uang ada barang Mau barang yang dibuat diCina, Korea, Taiwan, Thailand atau Malaysia baik branded maupun abal-abal gampang didapat.

Bagi anda yang berkantong tebal tentu saja tinggal pilih sesuai selera dan kepekaan kuping anda. Bagi yang dananya pas-pasan justru yang harus ekstra hati-hati dalam menentukan pilihan. Lebih repot lagi bilamana sipenjual (pemilik toko) ternyata hanya pegang prinsip “yang penting barang gua laku”. Nah……!!! prinsip asal laku ini tentu saja tidak bisa mempersalahkan sipemilik toko, oleh karena selera dan dana yang ada cukup menjadi penentu puas tidak puasnya anda.
Contohnya aja bilamana anda seorang yang sangat menggemari musik-musik gaduh trus maunya suara bas dan drumnya gedebakj-gedebuk gaya musik-musik tripping gitu, mustahil lah membangun perangkat audionya hanya dengan dana satu setengah juta. Tapi untuk membeli sebuah head unit audio, dengan dana segitu sudah memadai untuk mendengarkan musik lembut dengan speaker mobil standar.

Pada dasarnya untuk menjadikan sound system dalam mobil dapat mengeluarkan suara hingar bingar, so pasti diperlukan seperangkat alat paling tidak seperti: Head unit (Radio tape, Radio CD atau DVD player, atau TV), amplifier, speaker dan subwoofer, juga ditambah berbagai macam kabel dan Box untuk Subwoofer. Kalau ingin ngejreng pula bisa ditambah berbagai rupa lampu, acrylic, dsb.

Kencangnya suara speaker dan subwoofer pada dasarnya berbanding lurus dengan besarnya kemampuan speaker dan subwoofer tersebut menerima keluaran daya (watt) output dari amplifier yang dipasangkan pada system tersebut. Oleh sebab itu semakin besar kemampuan sebuah power amplifier dapat mengeluarkan daya arus listrik semakin mudah untuk mendapatkan suara yang kencang hingar-bingar tadi.

Berdasarkan pengalaman setelah hampir 20 tahun menekuni bidang penjualan dan installasi audio mobil ternyata harga dari perangkat seperti power amplifier serta speaker dan subwoofer hampir berbanding lurus pula dengan kemampuan dari masing-masing peralatan tersebut. Artinya semakin besar daya (watt) yang dapat diterima atau dapat dikeluarkan oleh peralatan tersebut (untuk merek dan tipe yang sama tentunya), biasanya harganya makin gede wattnya semakin mahal. Tapi patut diingatkan juga bagi anda yang awam soal ini bahwa belum tentu besar daya yang tertulis di packing atau casingnya bener-bener gede seperti yang tertulis. Untuk itu sebaiknya anda konsultasikan dengan pemilik toko audio mobil.

Oleh karena itu kalau anda ingin membeli seperangkat sound system buat di mobil, akan sangat lebih baik jika anda kemukakan dulu selera musik anda bagaimana dan dana yang tersedia ada berapa, agar sama-sama puas. Sebagai pihak penjual dan installatur tentunya pemilik toko atau pemilik bengkel yang berpengalaman pasti berusaha sebaik mungkin membantu anda menentukan pilihan. Hal itu pulalah yang kami lakukan kepada konsumen kami selama ini, sehingga bagi kami pun tetap survive ketika menghadapi masa-masa krisis beberapa tahun lalu. informasi lebih tentang audio mobil: Toko audio mobil

sumber: http://ozoneaudio.wordpress.com

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: