Skip to content

Tips Cuci Mobil Yang Benar

March 26, 2010

Mencuci mobil dengan baik tentunya akan memberikan tampilan mobil anda terlihat lebih kinclong dan sekaligus menjaga cat bodi tetap dalam kondisi baik. Dan meski rutinitas ini tampak mudah-mudah saja untuk dilakukan, haruslah diketahui bahwa ada beberapa hal mendasar yang seharusnya anda perhatikan ketika anda mulai cuci mobil anda.

Berikut adalah beberapa tips mencuci mobil anda secara baik :

  1. Sebelum mencuci, pastikan anda membersihkan bagian luar mobil terlebih dahulu (menggunakan bulu ayam/kemoceng) secara lembut. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada kotoran atau debu debu yang berpotensi menyebabkan gores pada bodi mobil ketika mencuci nanti.
  2. Hindari mencuci dibawah sinar matahari langsung. Terutama pada siang hari, karena titik-titik air yang masih menempel di mobil memiliki potensi untuk membuat bercak noda pada mobil.
  3. Ketika mencuci, rendam kain pencuci di air bersabun dan gosokan per setiap panel dan per setiap waktu, sebaiknya lakukan pencucian dengan gerakan maju mundur/bolak balik, bukan melingkar. Untuk awal mulailah dari bagian atap terlebih dahulu baru kerjakan ke seluruh bagian mobil. Jangan lupa untuk membasuh setiap panel yang baru saja digosokan/dicuci.
  4. Gunakan shampo khusus mobil untuk menghilangkan minyak dari sisa pembakaran kendaraan lain yang mengandung minyak. Apabila tak ada shampo khusus tersebut, gunakan shampo rambut yang tidak mengandung detergen, caranya tuangkan shampo rambut tersebut ke atas spons khusus mobil.
  5. Jika terdapat kotoran atau serangga tertempel pada cat, gunakan spons pemindah serangga & tar yang dicampur sabun. Kerjakan perlahan. Jika tetap tidak mau hilang, coba tinggalkan saja dulu, jangan berupaya terlalu keras.
  6. Apabila terpaksa mencuci mobil di malam hari, lap-lah mobil sampai benar-benar kering, kemudian seluruh pintu mobil dibuka lalu ditutup dengan agak keras berulang-ulang agar air yang masih berada di celah-celah dapat turun dan tidak mengendap di mobil yang dapat mengakibatkan karat.
  7. Jika masih terdapat segala sesuatu yang menempel pada cat bodi (serangga, tar, cat dsb) coba gunakan Clay Bar untuk mengatasinya.

Catatan :

  • Selalu mencuci, memoles dan melakukan wax di luar cahaya sinar matahari.
  • Jangan gunakan pembersih yang abrasive (berpermukaan kasar), pastinya itu akan menggores cat.
  • Jangan gunakan sabun pencuci piring, itu akan melunturkan wax dan mengeringkan trim plastik.
  • Jika anda menjatuhkan kain pencuci anda ke tanah, jangan gunakan sebelum dibersihkan dengan baik. Kalau tidak kotoran yang menempel disanan akan menggores cat anda.

semoga tips cuci mobil diatas bermanfaat untuk anda.

sumber: http://www.autoblackthrough.com
No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: