Skip to content

Mangepa Harus Membuat Es Krim Sendiri ?

March 18, 2010

Mengapa harus bersusah payah membuat es krim, es puter dan sorbet sendiri? Es krim banyak dijajakan dengan gerobak sepeda dan lalu lalang di depan rumah.

Hal itu memang benar, namun semua yang di atas tersebut tidak menutup kemungkinan menggunakan bahan-bahan kimia, termasuk rasa, warna dan bahan pengawet. Pernahkah Anda meneliti daftar isinya pada bagian belakang kemasan?

Oleh karena itu, jika Anda membuat sendiri, pasti Anda tidak akan menggunakan bahan-bahan kimiawi tersebut. Es buatan Anda dengan sendirinya paling segar, karena Anda tidak akan memperhitungkan berapa lama es krim, es puter dan sorbet tersebut diam menunggu sebelum terjual.

Es krim, es puter dan sorbet pada dasarnya sama, yaitu berbentuk krim dan terasa lembut di lidah. Bila es krim dan es puter mengandung lemak (susu dan santan), sorbet hanya terdiri dari sari buah, air dan gula. Semuanya dibuat dengan cara yang sama yaitu dengan memanfaatkan freezer dalam lemari es:

  • Setelah adonan es krim, es puter dan sorbet matang, tuang dalam mangkuk plastik, simpan dalam freezer dengan posisi suhu paling rendah.
  • 2-3 jam kemudian setelah agak beku, keluarkan adonan dari freezer. Kerok, lalu kocok dengan mixer atau blender hingga halus, simpan lagi di dalam freezer selama 2-3 jam.
  • Lakukan proses tsb minimal 2 kali untuk memperoleh tekstur es krim, es puter atau sorbet yang lembut.
  • Karena tidak mengandung lemak, tekstur sorbet lebih menyerupai butir-butir kristal.

Sekarang ini terjual ice maker yang menggunakan tenaga listrik. Mereknya bermacam-macam, namun prinsip kerjanya sama: adonan dikelilingi oleh es batu lalu digoyang/diputar dalam waktu tertentu sehingga membeku.

Jika menggunakan ice maker, gunakan es balok buatan pabrik es yang kadar bekunya lebih tinggi dari pada es buatan lemari es.

sumber: http://citarasa.wordpress.com/2008/07/08/membuat-es-krim-sendiri/

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: