Skip to content

Tips Membuat Solid Group Band

March 15, 2010

untuk menyatukan sebuah grup band memang bukan perkra yang mudah tapi bagaimana menumbuhkan kekompakan dari masing masing personil dan menghargai sebuah komitmen dalam suatu grup itu adalah kunci yang paling utama solidnya sebuah grup band.
di bawah ini ada beberapa tips menyatukan Anak band.

1. Anak Band harus mempunyai VISI yang jelas
Kenapa Anak Band harus memilki VISI ??
Visi adalah Pandangan ke depan tentang sesuatu yang ingin anak band capai, Gambaran tentang masa depan, Impian tentang sesuatu yang anak band bayangkan dan berakhir dengan kesuksesan yang akan diraih. Hal itu perlu dimiliki oleh Anak Band agar ada tujuan yang dicapai. Visi diibaratkan seperti “bahan bakar dalam mobil”, mobil tanpa bahan bakar tidak dapa t bergerak maju. Anak Band dalam suatu BAND harus memiliki VISI yang sama disetiap personilnya, kenapa?? karena jika salah satu personil memilki tujuan yang berbeda , dipastikan dia tidak dapat ikut bersama-sama mencapai tujuan yang telah disepakati bersama oleh personil lain dan lebih extremnya lagi Band tersebut dapat bubar. Visi tersebut harus tergambar jelas pada setiap personil, dan untuk meraihnya anak band harus bisa menyusun puing-puing gambar yang tercerai berai untuk dapat meraihnya selangkah demi selangkah yang pada akhirnya keseluruhan gambar/mimpi yang tadinya hanya khayalan semata bisa diraih secara nyata digenggaman tangan anak band, dan saya tegaskan “Anak Band semua dapat melakukannya, tak ada yang tidak mungkin”

2. Harus Saling Bekerjasama

Bekerjasama untuk mencapai tujuan sangat diperlukan, pebagian tugas untuk mencapai tujuan sangat diperlukan jika band tersebut belum memiliki seorang manager, karena tugas anak band dalam mencari jam terbang jadi harus dilakukan sendiri oleh anak band.

3. Harus Saling Menghargai

Ini hal yang sangat penting bagi anak band, terkadang anak band ada tidak saling menghargai satu sama lainnya, ini terjadi biasanya pada hal teknik skill permainan dalam bermusik, terkadang dalam satu band ada saja saja personil yang kurang yakin akan skill salah satu personil lainnya sehingga si personil tersebut seakan kurang dihargai permainannya, itu bisa menjadi awal perpecahan suatu band. Hal yang penting bisa saya ingatkan bahwa“jangan ada yang merasa lebih diantara personil yang lain”

4. Harus Saling Percaya

Kepercayaan diantara
personil harus terus dijaga, setiap personil anak band sudah mempunyai porsinya masing-masing, baik dia vokal sudah bertanggung jawab atas dirinya sendiri, pemain gitar dan yang lainnya, harus bertanggung jawab pada posisinya masing2 dan terus meningkatkan profesional diri sehingga menjadi Band Profesional secara keseluruhan.

5. Harus Saling Terbuka

Jangan ada pembicaraan tanpa melibatkan personil lain, jadi semuanya tidak dilakukan secara sembunyi-sembunyi apalagi membicarakan segala kekurangan personil anak band lainnya dibelakng sepengetahuan anak band yang bersangkutan , hal itu tentu saja membuat gap diantara anak band sendiri, jadi intinya segala sesuatu harus dibicarakan secara terbuka dan tansparan dan keluarkan segala unek-unek .

5. Kekeluargaan

Sebenarnya didalam anak band yang sudah memiliki grup band yang solid patut disukuri, coba kembangkanlah sikap kekeluargaan diantara personil, sebenarnya didalam band bukan hanya mencari tujuan mendapat kesuksesan materi saja, tapi jika anak band bisa menjaga kekeluargaan diantara personil maka materi sebenarnya hanyalah efek positif dari keberhasilan anak band menjaga silaturahmi antara personil band itu sendiri.

demikian tips ini semoga bermanfaat untuk anda dan band anda semoga band anda menjadi solid dan exist.

sumber: http://tipsbuatanakband.blogspot.com/

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: