Skip to content

Tips Belajar Bisnis Online

March 12, 2010

Pada postingan sebelumnya, saya telah menjelaskan tentang apa itu Affiliate Marketing. Sekarang kita lanjutkan belajar bisnis online dengan mengetahui tipe-tipe dari affiliate marketing dan seperti apa yang termasuk didalam kategory bisnis online affiliate marketing.

Affiliate marketing merupakan salah satu pilihan belajar bisnis online yang ada di internet. Bisnis Online ini sangat disukai sebagian besar pebisnis online yang belum atau tidak mempunyai produk sendiri untuk dijual. Tapi tidak menutup kemungkinan mereka yang sudah memiliki produk sendiri pun banyak yang menjalankan bisnis affiliate marketing ini.
Sebagian besar bisnis online yang ada di Internet merupakan program affiliate marketing. Salah satu bisnis affiliate marketing yang bagus dan banyak diikuti oleh para internet marketer senior adalah bisnis di Clikbank.

Lanjut ke pembahasan yaitu tentang tipe dari affiliate marketing.
Dari yang saya ketahui (kalau kurang mohon ditambahin ya! hehe), ada beberapa tipe dari affiliate marketing berdasarkan komisi dihasilkan:

1. PPC (Pay Per Click) : adalah pembayaran komisi apabila ada seseorang atau pengunjung mengklik link iklan yang ditampilkan di website anda. Misalnya, Google Adsense, AdBrite, AdEngage, AdSter, AdTool, BidVertiser, Etology, ExoClick, Kontera, Miva, Oxado, WidgetBucks, dll.
PPC local misalnya: kliksaya, KumpulBlogger, AdsenseCamp, adspeedy, dll.

2. PTC/R (Pay TO Click/Read) : adalah komisi akan didapat, bila anda mengklik atau membaca iklan yang diberikan penyelenggara/advertiser, biasanya diatur dalam durasi tertentu. Misalnya, Bux.to

3. PPS (Pay Per Sale) : anda akan memperoleh komisi, jika ada orang yang membeli produk dari penyelenggara atas rekomendasi dari anda.

4. PPL (Pay Per Lead) : komisi didapat berdasarkan berapa banyak jumlah orang yang Anda referensikan menjadi member pada website penyelenggara program affiliate.

5. PPD (Pay Per Download) : anda akan memperoleh komisi, apabila ada orang yang mendownload sebuah file atau produk digital (misalnya, ebook atau sofware) atas rekomendsi dari anda. Misalnya yang cukup sering kita lihat di Ziddu.com

6. PPI (Pay Per Impression) : adalah pendapatan komisi yang didapat berdasarkan berapa kali tampilan sebuah iklan yang anda pasang di website atau blog anda muncul atau dilihat orang lain.

7. PPP (Pay Per Play) : adalah pendapatan komisi apabila ada orang lain yang mendengarkan Audio yang dipasang di blog atau website Anda.

8. PTR (Pay To Review) : adalah komisi yang didapat apabila anda mereview suatu produk tertentu yang ditawarkan penyelenggara di dalam blog anda dengan menambahkan link menuju situs advertiser dengan anchor text tertentu.
Misalnya, SponsoredReviews.com, smorty.com, buyblogreviews.com, linkworth.com, blogvertise.com, reviewmu.com, AdReviewCamp.com
PTR sekarang ini sedang hangat-hangatnya dijalankankan oleh para blogger untuk menambah pundi-pundi uang mereka. Namun saya sendiri kurang tertarik ikutan PTR ini walupun hasilnya menjanjikan. Alasannya karena si mbah Google benci Paid Review dan dapat mengacaukan SEO blog ini, hehe jaga-jaga dikit donk.

Dari beberapa macam tipe affiliate marketing diatas, yang paling umum dan paling banyak kita temui di internet adalah PPC, PPS, PPL.

Demikian sebagian dari tipe affiliate marketing yang dapat saya jelaskan dalam belajar bisnis online kali ini.

sumber:http://www.klikonlines.com/tipe-tipe-bisnis-affiliate-marketing/

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: