Skip to content

Tips Menghemat Biaya Perjalanan Wisata

March 10, 2010

setiap orang ingin melakukan perjalanan wisata untuk melepas lelah dan stress setelah lama dan capek bekerja dan ingin relaksasi melepas kejenuhan tapi bila sedang krisis ekonomi setiap orang pun harus berusaha hemat dan tidak membuang uangnya dengan percuma, tapi penuh kesan dan suasana yang indahuntuk di nikmati. berikut ini ada beberapa cara untuk menghemat biaya liburan alias perjalanan wisata :

  1. Buatlah Batas Limit pengeluaran untuk setiap perjalanan. Gunakan nilai yang bulat dan masuk akal dan jangan lupa untuk gunakan bukti tagihan anda untuk men-track biaya yang sudah dikeluarkan agar tidak kebobolan.
  2. Jika anda menggunakan jasa agen travel / agen wisata, ambilah paket travel yang paling “combo”. Biasanya jika tour & travel menyediakan paket “combo”, discount rate nya lumayan besar. Hal ini lebih menghemat pengeluaran dibandingkan anda membuat dan menjalankan rencana wisata sendiri. Tapi tentunya jangan asal memilih agen travel.
  3. Jika anda melakukan perjalanan wisata secara estafet maka anda harus merencanakan kapan dan dimana anda beristirahat. Luangkan waktu anda untuk mencari informasi mengenai lodging yang murah dan memberikan discount.
  4. Jika anda melakukan travel wisata menggunakan mobil, yakinkan kondisi kendaraan anda dalam keadaan sehat dan normal. Untuk mencegah kerusakan atau ngadat di tengah perjalanan wisata. Anda bisa membawa peta wisata agar perjalanan anda semakin mudah. Lihat juga apakah kendaraan sendiri atau memanfaatkan jasa car rent services (car rent).
  5. Usahakan tidak membeli makanan ringan diperjalanan (gas station atau rest area) agar menghemat pengeluaran, karena perjalanan travel wisata Anda bisa boros biaya. Biasanya harga-harga makanan ringan dikedua tempat tersebut cukup mahal. Kalau mau bawalah makanan ringan dari awal, hal itu jauh lebih murah.
  6. Jika anda diharuskan bermalam ketika melakukan perjalanan wisata atau mau tidak mau harus makan (siang atau malam) maka untuk penghematan carilah tempat makan dengan harga yang sudah standard (fast food). Tapi ada juga agen wisata yang menyediakan paket travel lengkap dengan penginapan.
  7. Berfoto-foto lah sebanyak-banyaknya dalam perjalanan wisata anda, karena itu jauh lebih hemat dari pada membeli banyak souvenir. Foto wisata lebih efektif dan efisien dalam merekam best moment perjalanan wisata anda dibandingkan souvenir. Carilah kawasan objek wisata yang menarik sehingga anda akan memiliki moment tersendiri.
  8. Jagalah kesehatan di dalam melakukan perjalanan wisata. Ketika dalam perjalanan. Minumlah air putih secukupnya agar terhindar dari dehidrasi dan perhatikan pola makan anda. Sebaiknya membawa vitamin untuk kesegaran tubuh jika memang diperlukan.
  9. Berhati-hatilah anda terhadap para pencuri dan pencopet. Jagalah barang-barang bawaan anda. Usahakan penyimpanannya masih dalam area pengawasan anda. Lebih baik membawa dan gunakan kartu kredit ketimbang membawa uang tunai yang banyak. Walaupun misalnya kendaraan pribadi atau memanfaatkan car rent services / car rent, tetap harus waspada.

selama anda melakukan perjalanan wisata sebaiknya anda tidak meninggalkan rumah anda dalam keadaan kosong usahakan mintalah bantuan pada saudara sanak famili anda untuk menjaga rumah anda selama anda berlibur.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: