Skip to content

Seputar Tentang Pentas Seni

March 9, 2010

Pentas seni yang dulu biasanya diadakan di sekolah kadang dianggap cuma acara lokal ecek-ecek. Padahal, pentas seni tersebut terbukti bisa jadi bekal ajang latihan kemampuan dan mental bagi sejumlah musikus yang kini sudah punya nama. Misalnya saja grup band Jikustik dan Sheila on 7. Nah, forFIRLS sengaja datang ke kota tempat tinggal mereka, Yogyakarta, untuk mendengar langsung pengalaman mereka dulu saat tampil di pensi.

Bukan Lagi Acara Lokal

Pentas seni (Pensi) kini tak lagi jadi acara lokal yang minus sponsor dan cuma menampilkan band ala kadarnya untuk menandai acara tutup tahun atau ultah sekolah. Di beberapa tahun terakhir, pensi mendadak berubah jadi pertunjukan komersil yang ramai dibanjiri penonton.

Bagaimana tidak…, Dengan penggarapan acara yang jauh lebih serius, sejumlah pensi sekolah berhasil menggaet sponsor besar dan menampilkan bintang tamu grup musik kondang. Sebut saja Pensi yang diadakan SMU di Bandung, serta beberapa SMU di Jakarta.

Pensi yang diadakan sejumlah sekolah tersebut dalam beberapa tahun terakhir bisa dibilang sukses besar. Baik berupa festival band maupun pentas musik.Padahal dulu, pensi yang diadakan sekolah-sekolah sifatnya cuma untuk kalangan dalam saja, alias murid setempat. Bahkan kadang pensi terpaksa diadakan untuk memenuhi agenda acara sekolah. Akhir-akhir ini pensi tak lagi hanya digelar di aula atau halaman sekolah, melainkan di stadion besar.

Pentas seni memang identik dengan seni musik karena pentas seni adalah ajang untuk menunjukan bakat yang dapat langsung di lihat dan menghibur penonton biasanya pentas seni, menghadirkan acara musik live (band), lawak, baca puisi, sulap, drama singkat dll yang langsung dapat di nikmati para penonton tanpa proses yang lama dan panjang agar penonton terhibur hal tersebut bisa di sebut karya seni yang expresif atau bisa si sebut juga spontanitas.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: