Skip to content

Tips Menjadi Kolektor Barang Antik

March 8, 2010

Anda suka dan hobi mengoleksi barang antik. Pasti agak kesulitan bagaimana cara mengoleksinya. Tapi jangan khawatir, di bawah ini ada beberapa panduan bagaimana mengoleksi barang antik.

  1. teliti sebelum membeli. Butuh kejelian, ketelitian, dan sedikit pemahaman untuk menemukan koleksi benda antik yang benar-benar antik. Jangan asal pilih! Ingat, ada aneka koleksi barang yang benar-benar antik, ada barang repro (reproduksi) dan ada barang yang dibuat sedemikian rupa sehingga tampak sangat antik.
  2. mencari informasi. Sebelum membeli barang-barang antik itu, lebih baik Anda mencari atau mengumpulkan berbagai informasi mengenai koleksi benda antik yang Anda cari itu. Anda bisa mencari informasi tentang barang itu pada teman Anda, majalah, koran, buku atau internet.
  3. menawar sebelum membeli. Teknik yang satu ini sangat diperlukan. Bila Anda sudah menentukan pilihan Anda, janganlah lupa menawar harga. Bukalah tawaran Anda dengan setengah harga dari harga aslinya. Terkadang penjual benda antik membuka harga dua kali lipat dari harga aslinya. Setelah itu barulah menaikkan harga sedikit demi sedikit hingga mendapatkan harga pas dan cocok.
  4. perhatikan kualitas barang. benda antik yang murah belum tentu bagus kualitasnya. Begitu juga sebaliknya, barang yang mahal belum tentu berkualitas. Karena itu, Anda mesti jeli. Yang pertama Anda lakukan adalah memastikan apakah barang itu asli atau palsu. Kalau Anda sudah bisa memastikannya, Anda akan tahu barang itu berkualitas atau tidak.
  5. membandingkan harga. Dalam memilih barang atau benda antik dan unik, Anda tak boleh ceroboh. Jangan terburu-buru untuk segera memboyong aneka koleksi barang antik tersebut. Carilah barang yang sama di tempat lain dan bandingkan harganya.

sekian tips dari saya menganai tips koleksi barang antik semoga bermanfaat.

sumber : http://www.harian-global.com

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: