Skip to content

Beberapa Proses Dalam Mencetak Undangan

March 1, 2010

setiap event atau acara pasti akan membutuhkan percetakan undangan karena undangan di perlukan untuk memanggil orang-orang yang akan datang ke suatu acara, bermacam macam variasi undangan yang di cetak menurut ide dan kreatifitas si pembuatnya dan permintaan client yang memesannya, semakin banyak bagus bentuk dan banyaknya bahan yang di gunakan dalam pembuatan undangan tersebut maka semakin mahal harganya .

Setiap percetakan undangan dalam mencetak setidaknya ada beberapa proses yang harus kita lalui

1. Design Undangan, proses design merupakan tahapan awal yang harus dilalui dalam proses cetak. Pada fase ini kita dapat memprediksi hasil cetakan yang akan kita harapkan nantinya, terutama untuk jenis cetakan yang full colour. Dari hasil print out kita dapat melihat bagaimana hasil cetakan kita nantinya, meskipun pada kenyataanya hasil print out belum tentu hasilnya akan sama percis dengan hasil cetakan kita nantinya (hal ini antara lain disebabkan antara lain jenis tinta yang digunakan berbeda) dan kemungkinan miripnya ialah 95 – 100%. Program yang biasanya dipakai ialah : Adobe Photohop, Adobe In Design, Adobe Page Maker, Macromedia Free Hand, dan Corel Draw.

2. Main master for printing. Pada tahap ini sebelum naik cetak kita perlu membuat master dalam mencetak. Dalam tahap ini kita perlu tahu dulu jenis cetakan kita apakah yang itu jenis cetakan yang simple atau yang lux. Nah … untuk masalah ini hanyalah pengalaman gurunya, apakah cetakan kita hanya memerlukan Wet Master Paper atau memerlukan proses Filming & Plating untuk proses mencetak nanti.

3. Printing process, pada tahap ini diperlukan pengetahuan tentang jenis kertas yang ingin dicetak serta ukurannya

– Jenis Bahan Cetak ; ada berbagai jenis bahan cetakan mulai dari HVS, Art Paper/Cartoon. dll.

– Ukuran hasil cetak. Mengapa kita perlu mengetahui ukuran dari hasil cetak yang kita harapan karena dari sini kita bisa mengetahui berapa jumlah kertas yang harus kita beli dan jenis mesin cetak apa yang kita gunakan dalam mencetak nanti. pengetahuan akan kedua hal ini amatlah diperlukan karena berujung pada biaya yang kita keluarkan nantinya.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: