Skip to content

Jasa Kontraktor Pameran Tak Pernah Sepi

February 24, 2010

Selain acaranya, apa yang ada dibenak Anda ketika datang dan melihat sebuah pameran yang digelar? Ya, pastinya adalah stand pameran yang meliputi desain interior dan eksteriornya. Sehingga pengunjung bukan hanya tertarik menikmati berbagai suguhan acara yang diselenggarakan panitia, tapi juga betah mengelilingi arena pameran.

NERACA – Sebuah pameran kadang diselenggarakan untuk memperingati suatu momen atau sengaja dibuat dengan tema khusus yang lahir dari ide sekelompok panitia alias event organizer untuk tujuan tertentu. Yang mengikuti pameran pun, beragam perusahaan baik swasta maupun pemerintah yang bergerak dibidang tertentu sesuai tema acara pameran sebagai ajang promosi. Tidak hanya itu, lembaga pemerintah baik pusat maupun daerah juga tak ketinggalan sering berpartisipasi meramaikan sebuah pameran guna menso-. sialisasikan kebijakan sampai memperkenalkan potensi daerah masing-masing.

Sebuah acara pameran mutlak memerlukan perlengkapan pameran seperti stand. Jangan menganggap remeh keberadaan stand-stand pameran yang didesain semenarik mungkin sesuai tema acara untuk memanjakan mata pengunjung yang datang. Desain stand pameran tersebut sangat penting dipersiapkan dengan matang guna menunjang keberhasilan suatu acara pameran atau exhibition.

Dibalik kesuksesan dan keberhasilan suatu pameran yang dilihat dari desain stand pameran, ada jasa kontraktor pameran yang lebih dulu bekerja untuk menyulap ruang gedung yang digunakan sebagai tempat acara berwujud sesuai dengan tema yang menjadi konsep desain pameran.

Modal Ratusan Juta Pameran pasti selalu ada setiap bulannya, hampir di setiap kota maupun daerah. Acara pameran begitu laris manis diselenggarakan sebagai salah satu cara perusahaan atau instansi untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat. Hal ini memperlihatkan faktor permintaan desain interior maupun eksterior stand pameran, sebagai salah satu perlengkapan yang wajib ada di acara pameran, semakin meningkat

Tingginya tingkat permintaan inilah yang mendorong lahirnya banyak perusahaan yang bergerak dibidang jasa kontraktor pameran dengan spesialisasi menyiapkan berbagai keperluan dan perlengkapan pameran. Sebut saja Gde Zaraswa-tika Nugraha yang mendirikan perusahaan jasa kontraktor pameran dan diberi nama Nugraha Selaras Idea tahun 2007 silam. Perusahaan yang berlokasi di Jakarta ini memberikan ide dan mengerjakan bidang arsitektur dan interior stand pameran.

Gde mengakui bila awal-
nya, dia hanya bergerak pada bidang arsitektur dan interior untuk hunian saja. Namun, seiring berjalannya waktu pihaknya juga merambah dan mencoba berkecimpung di dunia pameran. “Dunia pameran memiliki tantangan tersendiri, dimana kami mesti memberikan ide untuk menangani desain interior dan eksterior stand pameran sesuai tema yang saat itu diselenggarakan serta keinginan klien”, ungkapnya.

Diajuga menambahkan, saat mendirikan bisnis ini, dia mesti merogoh kocek sebesar Rp 100 juta untuk modal awal. Modal tersebut dipergunakan-nya untuk membeli keperluan untuk membuat dan mendesain stand pameran serta membayar gaji karyawan. Dalam menjalani bisnis tersebut, Gde membidik target pasar tidak hanya perusahaan swasta dan pemerintah saja, tapi juga masyarakat yang ingin menggunakan jasanya.

Harga Disesuaikan Tingkat Kesulitan Desain yang ditawarkan Gde cukup bervariasi seperti desain modern, tradisional, modern minimalis, klasik, kontemporer dan sebagainya. Bagi klien yang tertarik untuk menggunakan jasa kontraktor pameran Nugraha, Gde selalu menyesuaikan jadwal klien untuk persiapan, kapan pameran akan diselenggarakan guna mengerjakan stand pameran yang diminta.

“Untuk buat janji jika ingin pakai jasa kami, biasanya kami yang akan mengkuti jadwal dari klien. Tapi untuk amannya, 3 bulan sebelum acara”, ujarnya. Hal tersebut perlu dilakukan, sebab klien mesti berkonsultasi dengan pihak kontraktor untuk menyepakati kerjasama serta memilih model, bentuk dan desain stand pameran seperti apa yang diinginkan pihak klien. Jangan sampai ada kesalahan komunikasi yang dapat berakibat fatal.

Selain itu, Gde melanjutkan, hal itu juga dimaksudkan untuk memberikan waktu kepada kontraktor agar dapat mengerjakan stand pameran dengan tidak tergesa-gesa untuk mencapai hasil maksimal.

“Waktu pengerjaan di workshop disesuaikan dengan besar dan tingkat kesulitan atau detail dari stand tersebut”, paparnya. Sedangkan untuk harga tidak ada patokan khusus yang diberikan oleh perusahaan jasa kontraktor pameran. Hanya saja masalah harga memang disesuaikan dari tingkat kesulitan atau detailing dari stand yang diminta dengan sistem pembayaran down payment atau biasa disebut uang muka.

Jika ada yang belum tahu dari mana perusahaan jasa kontraktor pameran mendapatkan untung, Gde menjelaskan, keuntungan yang didapat dari kebanyakan peru-sa-
haan yang bergerak dibidang ini biasanya berdasarkan proses pengerjaan dan material yang kita gunakan. Semakin tinggi tingkat kesulitan stand pameran yang diminta, maka semakin besar juga harga yang harus dibayar klien. Dengan begitu, untung perusahaan juga akan besar.

Dalam menggarap bisnis kontraktor pameran, tidak melulu dalam satu hari mendapatkan klien. Tapi, bisnis ini diyakini akan terus tumbuh subur seiring meningkatnya kebutuhan perusahaan untuk menyelenggarakan pameran. Gde mengatakan, saat ini pihaknya tengah mengikuti undangan tender dari beberapa perusahaan yang akan mengikuti pameran. Hal ini membuktikan, salah satu strategi jitu untuk menembus pasar adalah dengan aktif mengikuti pameran.

“Omzet tergantung dari jumlah klien yang memakai jasa kami, biasanya dalam satu tahun kami bisa mengikuti pameran sebanyak 4 kali”, tuturnya. Namanya bisnis, pasti selalu saja ada kendala saat mempraktekkan-nya. Begitu juga dengan bisnis jasa kontraktor pameran. Gde mengakui, masalah teknis sering menjadi hambatan dalam bisnis ini. “Misalnya saja, tone warna yang tidak sesuai dan kendala waktu desain yang sangat ketat, mengingat klien biasanya tidak mempertimbangkan proses desain yang kita buat”, jelasnya. Saat ini, kepungan perusahaan yang bergerak dibidang sejenis semakin banyak dan itu pertanda semakin banyak pula kompetitor di depan mata. Untuk itu, pelaku bisnis mesti dapat membangun dan menjaga kepercayaan klien.

http://bataviase.co.id/content/bisnis-jasa-kontraktor-pameran-tak-pernah-sepi?page=8

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: